1. Tentang Automatic Transmision Fluid
Fluida atau cairan ini adanya dalam gearbox mobil matic, fungsi utamanya adalah untuk melumasi kompenen yang ada di dalam gearbox matic, tapi bukan hanya itu ATF (Automatic Transmision Fluid) ini fungsi penting lainnya adalah sebagai media perantara pada piranti hidrolik pada sistim gearbox matic, terutama untuk mengatur perpindahan gigi dan merapatkan plat kopling. Jadi perhatikan kekentalannya karena apabila kekentalannya makin turun (encer) maka tekanan yang dihasilkan akan berkurang.

Ini adalah salah satu gejala kerusakan pada transmisi matik, karena adanya ketidak seimbangan antara putaran mesin dan laju mobil, mesin meraung-raung pada putaran RPM tinggi tapi mobil berjalan tidak sesuai dengan deru mesinnya.
3.Memindahkan Gigi Menyentak (Kasar)
Ini perlu juga diperhatikan apabila mobil kita menyentak apabila sedang dalam keadaan perpindahan gigi, jadi tidak halus seperti biasanya, cara mengeceknya adalah dengan memindahkan perseneling ke posisi D atau R kemudian rem dilepas, nah apabila mobil anda sehat maka akan langsung bergerak, tapi apabila tidak kemungkinan besar ada masalah pada transmisi matik anda, segera konsultasikan ke bengkel langganan anda.
5. Ingat Posisi D Bukan Untuk Parkir
Kebiasaan ini biasa dilakukan pada pengemudi yang baru saja beralih dari transmisi manual ke matic, tinggalkan kebiasaan ini karena plat koplingnya akan cepat rusak atau aus apabila terparkir dengan posisi tuas D.
B2 412GO
0 komentar:
Posting Komentar